Penanganan Sinusitis Di Rumah

| |

Hallo semuanya, semoga kabar Anda baik-baik saja, untuk kali ini kami akan memberikan tips Penangan sinusitis di rumah.

Sebelumnya kami telah menjelaskan apa mengenai penyakit sinusitis, mulai dari pengertian, penyebab, gejala dan lain sebagainya, informasi lebih lanjut klik :

Tanpa basa basi apa saja sih tips penanganan sinusitis di rumah agar tidak kambuh kembali, tips ini mudah dilakukan Anda bisa melakukannya selama 2 Minggu, namun jika tidak berhasil segeralah temui dokter, berikut tipsnya.

Penanganan sinusitis yang bisa dilakukan dirumah

Memperbanyak minum air putih

Perbanyak minuma air putih dan jus buah-buahan jika Anda yang mempunyai penyakit sinusitis. Asupan cairan ini dapat mengencerkan lendir dan membantu mengeluarkannya. Hindari minuman yang mengandung kafein apalagi minuman yang mengandung alkohol karena dapat menyebabkan dehidrasi. Alkohol juga dapat pembengkakan pada sinus.

Pencucian Hidung

Penenganan yang biasa di sebut irigasi nasal dapat membatu menjaga sinus tetap bersih. Untuk memulai, buat larutan garam yang terdiri dari satu liter air hangat dan satu sendok garam. Banyak orang juga menggunakan baking soda untuk meminimalisir rasa garam. Larutan ini kemudian dapat dimasukan kedalam neti pot ( bisa di beli di apotek), jika tidak punya Anda bisa menggunakan teko kecil di rumah.

Pastikan neti pot atau teko tersebut berish dari kotoran dan debu. Caranya Anda dapat memiringkan kepala Anda dan tuangkan lauran garam dan air hangat tesebut kemundian masukan ke hidung biarkan keluar dari satu lubang hidung yang satunya secara perlahan, gunakan mulut untuk bernafas.

Hidup Udara Yang Lembap

Dengan memasang alat pelembab di ruangan terentu atau tempat yang paling sering Anda gunakan waktu sehari-hari biasanya kamar. Udara yang kering dapat menybabkan iritas lho pada sinus Anda, Sementara menghirup udara yang lembap dapat membantu mengurangi kondisi hidung terpampat.

Memakai Kompres Hangat

Anda juga dapat menghirup udara uap sebanyak tiga kali sehari. Anda bisa menghirup uang hangat dari air panas lalu isikan ke mangkut atau baskom. Perlu diingat jangan menghirup uap air yang masih dalam di masak di atas kompor. Bernafas dengan normal untuk menghirup uap air dari air panas tersebut.

Selain itu juga Anda dapat menggunakan kompres langsung handuk yang telah di rendam ke air hangat lalu letakan di sekitar hidung, bernafas lah dengan biasa secara normal untuk menghirup uap air yang di hasilkan dari handuk yang telah di rendam di air hangat.

Mengkonsumsi Sup Ayam

Cara Ini merupakan cara yang paling lezat, yaitu dengan cara mengkonsumsi sup ayam. Dalam sejumlah penelitian sup ayam mampu mengurangi peradangan yang berhubungan dengan kondisi sinus dan pilek. Hal ini Kemungkinan berkaitan dengan kandungan antioksidan dan antiperadangan dalam bahan-bahan dalam sup.

Makan Buah Nanas

Pada batang dan buah nanas terdapat Enzim Bromelain, memiliki khasiat dapat memungkinkan mengurangi peradangan termasuk sinusitis. Namun konsumsilah buah ini dalam jumlah yang cukup dan tidak berlebihan, karena buah nanas dapat menimbulkan risiko diare dan sakit perut. Selain itu juga ada risiko alergi dari enzim bromelain namun hanya beberapa orang saja yang mempunyuainya. Membuah jus nanas lebih praktis untuk Anda konsumsi. Beragam jenis buah-buahan lainya juga dapat di konsumsi sebagai asupan nutrisi tambahan lainnya yang dapat membantu daya tahan tubuh.

Ciptakan Lingkunagn Rumah yang ramah terhadap sinus

Bebaskan rumah dari asap rokok

Jangankan meroko, asap rokonya pun harus dihindari oleh penderita sinusistis. Tidak hanya sinusitis, rokok tentunya memiliki dampak negatif bagi tubuh. Jika ada anggota keluarga anda yang meroko, lebih baik menyarankan meroko di luar rumah. Selain itu juga produk-produk untuk rumah menyengat hidung sebaiknya jangan di pakai seperti hairspray, produk pembersih ruangan dan semacamnya.

Jaga Kelembapan Ruangan

Upayakan di dalam ruangan tidak terlalu kering dan tidak terlalu lembap. Karena jika terlalu lembap, Debu tungau biasanya suka berada di tempat dengan tingkat kelebapan lebih dari 50 persen. Buat Anda yang alergi terhadap debu tungau di pastikan akan memperburuk keadaan sinus. Tidak hanya itu saja ruangan terlalu lembab juga akan mudah berkembang jamur.

Buka Ventilasi Di Dalam Rumah

Menutup ruangan membuat udara dalam ruangan tidak menjadi segar. Buatlah ventilasi udara agar rumah terasa segar kembali. Jika Ada jendela sesekali buka agar rumah terasa segar, terutama pada pagi hari. Apabila matahari terbit biarkan sinar matahari masuk ke dalam rumah, namun jangan membuka rimah ketika serbuk dan debu berterbangan

Rajin Memandikan Hewan Peliharaan

Jika Kamu mempunyai hewan peliharaan sebaiknya seringlah memandikannya minimal seminggu dalam sehari. Hewan seperti kucing jika jarang di mandikan cenderung dapat menyimpan kutu dan ketombe, Hal ini dapat memperburuk kondisi sinus Anda terutama jika Anda alergi terhadap hal itu. Meski sulit, sebaiknya kurangi kontak pada malam hari dengan hewan peliharaan Anda.

jika tips kami ini dalam 2 minggu tidak membuahkan hasil sebaiknya Anda segera temui dokter, terima kasih telah mengunjungi website kami dan membaca artikel kami, semoga informasi kami bermanfaat, jangan lupa share ke temen temen Anda.

Previous

Gaya Hidup Sehat Kunci Pengobatan Asam Urat

Gejala, Penyebab, Penanganan Dan Pengobatan Tipes

Next

Leave a Comment