Gejala, Penyebab, Pantangan Dan Obat Maag

| |

Hallo semuanya semoga Anda dalam keadaan sehat selalu, kali ini kami akan membahas mengenai penyakit maag, mulai dari pengertian, penyebab, gejela, sampai ke pengobatan penyakit maag. Maka dari itu kami Anjurkan kepada Anda agar membaca sampai tunttas artikel kami ini, agar kamu dapat mengerti.

Sakit maag atau penyakit maag merupakan penyakit yang sering di temui dalam masyarakat. Data menurut WHO pada tahun 2012 tercatat penyakit maag di indonesia mencapai 40,8 persen. Namun masih banyak orang yang tidak mengerti atau belum memahami sepenuhnya apa itu penyakit maag.

Banyak mitos yang berkembang di masyarakat bahwa semua orang pati mempunyai penyakit maag, masalahnya penyakit maag ini akan kambuh jadi penyakit. Benarkah demikian? Yuk, cari lebih lanjut seputar maag dalam ulasan berikut.

Apa itu penyakit maag?

Istilah penyakit maag hanya di gunakan masyarakat awam untuk menggambarkan keluhan-keluhan yang disebabkan oleh gangguan pencernaan namun untuk di dunia medis tidak ada istilah penykit maag, dalam dunia medis di sebut dengan gerd.

Tanda-tanda Penyakit Maag?

Salah satu penyebab utama penyakit maag adalah penyakit asam lambung (GERD atau refluks asam lambung). Penyakit ini terjadi karena saat isi lambung, asam lambung naik menuju kerongkongan sehingga akan terasa mual, muntah hingga nyeri dada.

Peradangan Lambung atau juga tukak lambung menjadi penyakit lain dari penyakit maag, Peradangan ini terjadi di daerah lambung, usus, atau kerongkongan. Selain itu juga infeksi perut dan sampai kasus langka seperti kanker perut.

Benarkah semua orang mempunyai penyakit maag?
Anggapan bahwa orang mempunyai maag itu sangat keliru. Maag bukanlah jaringan atau juga organ tubuh, Maag juga bukan kondisi yang pasti di alami setiap orang. Hanya saja kebanyakan orang yang memiliki penyakit tertentu seperti tukak lambung atau asam lambung sering di sebut dengan gejala penyakit maag.

Kebanyakan orang salah paham dan menganggap bawah maag itu sama dengan asam lampung padahal asam lambung itu merupakan enzim yang di produksi oleh tubuh secara alami. Guna asam lambug sendiri untuk mencerna makanan. Nah jika Asam lambung melampau batas atau kebanyakan akan sampai ke kerongkongan, nah ini akan menyebabkan gejala-gejala yang sering di sebut dengan penyakit maag.

Apa penyebab seseorang rentang terkena penyakit maag?

beberapa faktor penyebab membuat seseorang terkena penyakit maag, Berikut faktor pemicu terjadinya penyakit maag yang sangat rentan.

  • Pola makan tidak teratur
  • Sering mengkonsumsi makanan pedas
  • Sering mengkonsumsi makanan dengan kadar lemak tinggi
  • Gaya hidup tidak sehat seperti merokok
  • Sering minum minuman beralkohol
  • Obesitas atau kelebihan berat badan
  • Stress
  • Kelelahan
  • Sedang menjalani pengobatan terntenu seperti antibiotik, asipirin, steroid dan pil KB.

Risiko Komplikasi Dari Penyakit Maag

Bagi mereka yang telah mengalami penyakit maag selama bertahun-tahun ternyata bisa menimbulkan komplikasi yang cukup parah. Komplikasi ini biasanya akan mengakibatkan terjadi ulkus peptikum atau terjadinya luka di dinding lambung, banyak/lebar luka tersebut tergantung dari beberapa lama lambung terpapar oleh asam lambung.

Jika Ulkus peptikum yang terus menerus akan menyebabkan luka yang semakin parah lalu akan menimbulkan komplikasi pendarahan di bagian saluran cerna. Biasanya jika sudah begitu gejala awal biasanya adalah buang air besar berwana hitam selanjutnya jika sudah parah akan terjadi muntah darah.

Komplikasi yang paling parah ditakutkan yaitu terjadinya kanker lambung. Jika ini terjadi penderita harus dioprasi. Selain itu oprasi yang dilakukan oleh tim dokter tidak hanya pada bagian tertentu, biasanya organ lain (pada lambung) ada yang harus diangkat, hal ini dilakukan dokter karena takut penyebaran kanker yang tidak di keahui. Jadi komplikasi itu sangat berbahaya.

Hal yang terpeting dalam menghindari komplikasi penyakit maag atau dispepsia sangatlah sederhana.

  • Biasakan hidup sehat dengan makan teratur
  • Hindari pantangan makanan yang dapat memicu asam lambung
  • Jangan Stress
  • Sediakan obat-obat lengkap untuk jaga-jaga terjadi serangan maag
  • konsumsi obat golongan acid blocker yang sibatnya mengari asam lambung
  • perkuat pertahanan mukosa lambung

Pantangan Penyakit Maag

Kami berhasil merangkum sekitar 7 makanan yang berbahaya jika di konsumsi orang yang sedang terkena penyakit maag, jika Anda mempunyai penyakit tukak lambung atau asam lambung, alangkah lebih baiknya hindari makanan yang sudah kami rangkum ini, berikut 7 makanan yang harus di hindari :

  1. Makanan Pedas
    Kamu punya penyakit maag tapi suka makan makanan pedas? sebaiknya kamu mengurangi atau berhendi memakan makanan pedas mulai dari sekarang. Faktanya makanan pedas dapat menyebabkan asam lambung tinggi. Rasa pedas dari cabai, paprika dan rempah seperti lada akan memicu naiknya asam lambung secara cepat.
  2. Gorengan
    Siapa yang ga suka gorengan, apalagi di makan ketika musim dingin sperti ini. Setiap makanana yang di goreng memiliki efek berbahaya untuk penderita penyakit maag apalagi penyakit maag yang sudah krosnis. Selain itu juga kandungan lemak pada minyak tidak baik untuk kesehatan organ tubuh yang lain, jadi sebaiknya di kurangin mengkonsumsi makanan berminyak.
  3. Kafein
    Kafein biasanya terdapat pada kopi dan teh, namun kandungan kafein pada teh tidak sekuat dalam kopi, bagi mereka yang doyan dnegan kopi dan memiliki penyakit maag sebaiknya dikurangi dalam mengkonsumsi kopi ini. Mengkonsumsi kopi dan teh setiap hari dapat menyebabkan asam lambung naik.
  4. Makanan/Minuman Tinggi Gula
    Tidak hanya untuk penderita diabetes, makanan tinggi gula juga sebaiknya tidak dikonsumsi oleh penderita penyakit maag. Jika mengkonsusi gula belebihan dapat mengalami luka dan iritasi, diantaranya seperti roti, kue kering, minuman manis, kue tart dan cokelat.
  5. Minuman Bersoda
    Jika kamu mempunyai penyakit maag sebaiknya hindari minuman yang mengandung soda. Minuman bersoda akan menghasilkan gas yang banyak sehingga perut menjadi kembung.
  6. Daging Lemak Tinggi
    Daging sapi, kambung atau domba merupakan salah satu daging berlemak tinggi. Kandungan lemak tersebut dapat bertahan lama di perut dan dapat meningkatkan kemungkinan kondisi asam lambung naik ke kerongkongan.
  7. Minuman Beralkohol
    Beberapa jenis mimuman beralkohol mengandung asam yan tinggi. Kandungan tersebut dapat meneyebabkan asam lambung naik. Sebaiknya dihindari saja, karena minuman beralkohol dapat menyebabkan kerusakan pada tubuh lainnya.

Pilihlah buah-buahan segar untuk mengobati maag

Mungkin tak semua orang mengetahui bahwa mengobati penyakit maag bisa dengan cara makan buah-buahan, buah apa saja yang bisa menjadi obat maag? Berikut informasinya

  1. Kelapa
    Air kelapa memiliki kandungan mineral dan senyawa yang bersifat menenangkan sistem perncernnaan pada tubuh. Ini sangat bermanfaat untuk menghilangkan radikal beracun dalam tubuh. Selain itu juga Air kelapa dapat membantu mempertahankan suhu tubuh agar tetap normal dan menghambat peradangan di lambung. Untuk Anda yang mempunyai penyakit maag cobalah konsumsi air kelapa setiap hari selama 2 minggu, kemudian lihat hasilnya.
  2. Buah Pepaya
    pepaya merupakan buah yang kaya akan serat, jadi pepaya ini bagus untuk dikonsumsi oleh orang yang terkena maag, karen pepaya mudah di cerna. Isi kandungannya antara lain vitamin B1, B2, Vitamin C, dan Vitamin A. Buah pepaya juga mengandung mineral seperti magnesium, zat besi, sulfut serta kalium. Kandungan mineral yang membuat perncernaan Anda lancar, termasuk meredakan maag.
  3. Buah Pisang
    Pisang meruapakan buah-buahan dengan tingkat serat yang tinggi. Selain itu kandungan lemak dan proteinnya rendah. Selain itu pisang juga dapat menjadi sumber energi yang punya sedikit kandungan efek penchar. Jika Anda terkena penyakit maag sebaiknya pilih pisang yang cukup matang , berwarna kuning terang. Konsumsi setiap hari sebagai menu sarapan Untuk mengurangi gejala maag sehari-hari.
  4. Buah Apel
    Buah apel terkenal akan kandungan nurtrisi yang cukup kaya, di dalam pisan juga mengandung pektin dan kombinsai glisin. Kedua kombinasi tersebut mengandung antasid sehingga apel menjadi salah satu buath untuk mengobati penyakit maag secara alami. Apel juga mampu mengurai rasa mulas, rasa mual dan juga mengurangi kandungan asam lambung yang berlebihan pada pencernaan Anda.
  5. Buah persik atau Peach
    Buah Peach mempunyai rasa yang cukup manis dan kandungannya baik untuk kesehatan tubuh, kuhusunya pencernaan. Buah peach, memiliki peran sebagai kandungan obat diuretik dan obat pencahar. Dalam buah peach juga terdapat vitamin A, C dan E yang bisa mencegah kanker di dalam pencernaan Anda. Selain itu juga kandungan Vitamin A,C dan E bisa mencegah kanker dalam percernaan, sedangkan kandungan lainnya seperti mineral, seperti fosfor, magnesium dan kalium berperan pelindung kekebalan tubuh yang baik. Tekstur buah peach mudah di cerna sehingga buah ini meningkatkan kinerja sistem pencernaan Anda yang menderita maag.

Pengobatan Maag Secara Alami

Pengobatan secara alami bisa di lakukan oleh Anda dengan membuat ramuan-ramuan dari bahan alami dari tumbuhan, sehingga lambung atau penyakit maag dapat diatasi secara alami. Obat alami ini dapat membantu mengurangi nyeri sampai dengan mengobati jika Anda rutin melakukannya.

Berikut beberapa contoh obat asam lambung Alami.

  1. Teh Chamomile
    Teh Chamomile mengandung zat yang memiliki menenangkan pada saluran perncernaan. Sebelum tidur minumlah secangkir teh chamomile, hal ini dapat membantu menenangkan peradangan pada pert dan membanatu tidur lebih nyenyak.
  2. Jahe
    efek gastroprotektif dari jahe dapat mencegah asam dan pertumbuhan bakteri Helicobacter pylori. Bakteri ini merupakan bakteri pada perut yang hidup dalam kondisi asam sehingga jika bakteri ini ada dalam perut Anda akan memperparah kondisi Anda.
  3. Licorice
    Licorice atau dikenal juga akar manis merupakan akar Glycyrrhiza glabra, ini sudah terbukti dapat mengobati asam lambung naik secara efektif. Selain itu juga licorice dapat meningkatkan mukosa dari lapisan esofagus, yang membantu menahan efek iritasi asam lambung.
  4. Lidah Buaya
    Lidah buaya dikenal sebagai obat alami untuk kesehatan rambut, namun lidah buaya juga sangat bagus untuk perawatan gangguan pencernaan. lidah buaya juga dipercaya sebagai penyembuhan penyakit maag. Cara kerja lidah buaya adalah membantu meredakan gejala refluks asam seperti asam lambung naik.
  5. Jelly Gamat
    Jelly gamat merupakan obat alami yang terbuat dari bahan teripang emas dengan kandungan gamatpeptide yang tidak ada di teripang lainnya, gamatpeptide ini mampu membantu menyemebuhkan luka-luka lambung.
  6. Obat Herbal Lainnya
    Meski penelitian belum banyak dalam membahas mengenai obat herbal untuk mengatasi asam lambung naik. Ini beberapa bahan alami yang dapat membantu mengobati asam lambung Obat herbal asam lambung lainnya seperti peppermint, angelica, jinten, dan celandine.

Nah itulah penjelasan mengenai penyakit maag, penyebab, gejela, risiko, pengoabatan alami dan lain sebagainya, terima kasih telah mengunjungi website kami, semoga informasi kami ini menjadi informasi yang bermanfaat.

Previous

Penybab, Gejala, Pantangan Dan Obat Asam Urat

Penyebab, Gejala, Pantangan Dan Pengobatan Alami Sinusitis

Next

Leave a Comment