Penybab, Gejala, Pantangan Dan Obat Asam Urat

| |

Hallo semua, semoga Anda dalam keadaan baik-baik saja dan sehat selalu. Note : sebaiknya Anda membaca artikel ini sampai selesai karena dengan begitu Anda akan mengerti dalam mencerna apa itu penyebab asam urat, gejala sampai dengan cara mengobati asam urat.

Apa itu penyakit asam urat?

Penyakit asam urat adalah bentuk peradangan pada sendi (arthritis) yang sering dengan istilah encok. Kondisi ini tentuny asangat menyakitkan karena terlalu banyak kadar purin di dalam tubuh. Purin merupakan protein yang ada dalam tubuh serta diproduksi oleh tubuh dan juga terkandung pada banyak makanan yang mengandung purin, semakin besar tubuh semakin besasr memporduksi asam urat atau uric acid.

kadar puring yang tinggi akan mengalir dalam darah dan akhirnya mengubah asam urat ini menjadi kristal. Semakin lama, kristal akan menumpuk di daerah sendi dan jaringan lunak tubuh lainya. Nah dari situlah sendi dan otot akan terasa linu serta Nyerti. Seperti inilah proses terjadinya asam urat pada tubuh.

jangan Khawatir kondisi ini bisa hilang dalam 1 sampai 2 hari, purin yang berlebihan akan diberesihkan secara alami dari darah oleh ginjal lalu do buah dari dalam tubuh melalui saluran kencing dalam bentuk urine.

Penyakit seperti ini pada umum terjadi pada orang dewasa yang berusia sekitar 40-50 tahun. Namun, orang yang berusia sekitar 20 tahun ada yang memiliki kondisi seperti ini.

Tahap-Tahapan Penyakit Asam Urat


Ada 4 tahapan penyakit asam urat yang perlu Anda ketahui, yaitu :

  • Hiperurisemia asimptomatik.
    Kondisi ini merupakan terlalu banyak kadar asam urat di dalam darah. Hal ini tidak menimbulkan gejala asam urat apapun.
  • Penyakit asam urat interval
    Kondisi ini meruapakan kondisi asam urat yang sering di sebut asam urat interkis, rasa sakit yang timbul secara tiba-tiba. Anda merasa sehat tapi nanti tiba-tiba muncul sakit.
  • Penyakit asam urat akut.
    Kondisi ini mendandakan hiperurisemia asimptomatik yang tidak di obati atau ditangani sengingga membentuk kristal dan menumpuk pada sendi. Sakit ini akan terasa selama 3 sampai 10 hari.
  • Chronic tophaceous gout.
    Kondisi ini terjadi ketika asam urat tidak ditangi atau tidak di obati, kurang lebih butuh waktu 10 tahun untuk berkembang. Pada tahap ini, bukan hanya rasa sakit saja yang dirasa, namun nodula jug akan terbentuk, nodula terbentuk disertai dengan warna kemerahan di kulit dan dapat menyebabkan kerusakan jaringan lunak pada sendi secara permanen.

Tanda dan gejala asam urat yang umum terjadi

Sama seperti penyakit lainnya, tidak semua orang bisa merasakan gejala asam urat yang sama. Namun ini gejala asam urat yang umum terjadi, meliputi :

  • Nyeri Sendi Mendadak
  • Pembengkakan pada sendi (efusi sendi)
  • Gerakan terbatas karena nyeri sehingga kesulitan beraktifitas
  • Area yang nyeri akan terasa panas dan membengkak
  • Pada Area nyeri kulit akan menjadi kemerahan
  • Muncul Nodul (pembekakan parah yang memerah di kulit)

Pada umumbya gejala asam urat hanya terjadi di satu sendi, misalnya asam urat pada kaki. Rasa sakit yang semakin parah menandalan bahwa peradangan sendi juga semakin memburuk. Area yang paling sering terjadinya peradangan adalah pada bagian jempol kaki yang sering dikenal dengan istilah podagra (peradangan pangkal ibu jari kaki).

Berbagai penyebab asam urat yang harus Anda ketahui

1. Makanan dan Minuman
Penyebab asam urat yung paling utama tentunya berasal dari makanan atau minuman. Karena banyak makanan dan minuman yang banyak mengandung purin tinggi sehingga produksi uric acid akan menjadi lebih banyak. Berikut makanan dan minuman yang bisa menjadi terjadi penyebab asam urat.

  • Alkohol : Orang yang sering mengkonsumsi minuman yang mengandung alkohol memiliki risiko terkenan penyakti asam urat yang lebih tinggi. itulah sebabnya Agama dan dokterpun merlarang meminuman yang mengandung alkohol. Tidak hanya asam urat saja namun alkohol berdampak pada organ tubuh lainny seperti ginjal.
  • Minuman Bersoda : Minuman dingin dan bersoda tentunya sangat menyegarkan. Namun terlalu banyak minum minuman bersoda bisa menjadi penyebab asam urat. Minuman bersoda cenderung mengandung gula tambahan yang dapat memicu produksi asam urat yang lebih banyak. Jika terus menerus seperti ini asam urat bisa menumpuk dan menjadi kristal dan dapat menyebabkan peradangan pada sendi.
  • Sayuran hijau tertentu : Makan sayur itu sebetulnya sehat, namun sayangnya untuk penderita penyakit asam urat ada beberapa sayuran yang bisa menjadi asam urat kambuh. Untuk itu, mereka perlu mengindari sayuran terntu yang bisa memicu. Salah satunya yaitu bayam, jamur dan kembang kol yang memiliki kandungan purin yang lebih tinggi di banding sayuran lainnya. Walaupun jika dibandingkan dengan daging merah, Anda tetap harus memperhatikan sayuran ini yang Anda konsumsi.

2. Daging Hewan Dan Makanan Laut
Protein yang terkandung dalam daging merah seperti daging sapi atau daging putih seperti daging ayam atau ikan lebih besar dabandingkan sayuran. Tetapi faktanya terlalu mengkonsumsi daging banyak menyebabkan penyakit salah satunya penyebab asam urat. Cukup konsumsi maksimal 6 ons daging setiap hari, selain itu mengkonsumsi makanan seperti kerang, udang, kepiting dan juga lobster dengan purin yang tinggi jika dikonsumsi sembarangan makan menjadi risiko penyakit asam urat yang lebih besar.

3. Mengkonsumsi obat-obatan tertentu
Mengkonsumsi obat diuretik jangka panjang itu berkaitan dengan risiko terkena penyakit asam urang yang semakin tinggi. Kenapa? Obat jenis ini membuat orang yang mengkonsumsi lebih sering buang air. Kondisi ini menyabbakan mengurangnya jumlah cairan yang ada di dalam tubuh. Cairan yang tersisa kemungkinan besar akan mengendap, mengkristal dan akhiranya menjadi penyebab penyakit asam urat di kemudian hari.

4. Memiliki Kondisi medis tertentu
Secara Alami, ginjal akan menyeimbangkan kadar purin yang ada di dalam tubuh. Namun, proses itu bisa berjalan lambat pada orang dengan beberapa kondisi seperti :

  • Obesitas
  • Psoriasis
  • Hipotiroidisme (kelenjar tiroid yang kurang aktif)
  • Insufisiensi ginjal (kemampuan ginjal menyaring zat sisa berkurang)

siapa saja yang berisiko terkena penyakit assam urat?

Penyakit asam urat bisa terjadi kepada siapa saja, manun tentunya penyakit ini lebih menyerang kepada orang-orang dengan konidisi seperti berikut ini :

  • Mereka yang berusia 40 sampai 50 tahun
  • Laki-laki cenderung lebih besar terkena dibadingkan wanita
  • Wanita pascamenopause memiliki risiko lebih tinggi terkena asam urat
  • Memiliki Anggota keluarga yang memiliki riwayat penyakit asam urat
  • Mereka yang memiliki gaya hidup yang tidak sehat
  • Memiliki masalah kesehatan yang meneyebabkan kadar purin cenderung tinggi
  • Menggunakan obat-obatan tertentu
  • Pernah mengalami cedera atau operasi pada sendi

Apa komplikasi dari penyakit asam urat?

Komplikasi dari penyakit asam urat ialah rasa sakit yang membuat sulit untuk bergerak, penyakit asam urat juga menyebabkan komplikasi lainnya seperti :

  • Asa Urat Kambuh Terus Menerus, beberapa orang mungkin saja mengalami kondisi sembuh tanpa kambuh, terutama ini terjadi kepada mereka yang menjalani hidup sehat, namun mereka yang menjalani gaya hidup tidak sehat tentunya asam urat akan terus kambuh serta gejala yang semakin parah.
  • Asam Urat Kronis : Jangan pernah menyepelekan penyakit dan melanggar aturan atau pantangan yang bisa membuat asam urat menjadi semakin parah. Bahkan, dapat menimbulkan nodul yang akan menjadi kerusakan pada sendi
  • Batu Ginjal : Asam urat yang mengkristal bukan hanya akan meradang pada sendi tapi bisa terkumpul pada saluran kemih yang menyebabkan terbentuknya batu ginjal. Kondisi ini menyebabkan sakit pinggang, darah dalam urine sertea mual dan muntah.

Bagaimana Cara Mengdiagnosis Penyakit Asam Urat?

Cara mengdiagnosis secara tepat penyakit asam urat, dokter akan merekomendasikan pasien untuk melakukan beberapa tes kesehatan, seperti :

  • Tes Cairan Pada Sendi : Pemeriksaan cairan sendi akan dilakukan dengan jarum kecil, cairan tersebut kemudian diperiksa lebih dalam mengenai kadar asam uratnya.
  • Tes Darah : Hal ini dilakukan untuk mengukur kadar asamurat dan kreatini dalam darah.
  • Dual Energy CT scan : Dengan alat ini dapat mendeteksi kristal yang bahkan dapat menyebabkan peradangan sendi.
  • Pencitraan X-ray : memeriksa lebih dalam pada sendi serta menyingkirkan penyebab lainnya dari peradangan sendi.

Berikut obat asam urat yang biasaya di gunakan untuk mengurangi keparan gejala, antara lain :

  1. Obat Anti-Radang nonsteroid (NSAID)
    Obat anti-radang nonsteroid (NSAID) seperti ibuprofen (Advil, Motrin IB, yang lain) dan naproxen sodium (Aleve), serta resep NSAID yang lebih kuat seperti indomethacin (Indocin) atau celecoxib (Celebrex).
    Obat ini mungkin saja tidak akan sama dosisinya, tergantung dari konidisi asma urat, bisa lebih banyak atau sedikit. Efek samping dari penggunaan obat ini adalah sakit perut dan pendarahan pada sistem pencernaan.
  2. Colchicine
    Dokter biasanya dapat merekomendasikan (Colcrys, Mitigare), ini merupakan sejenis pereda nyeri yang efektif untuk mengurangi nyeri. Dosis obat disesuaikan oleh dokter dengena keparahan gejala asam urat.
    Efek samping penggunaan obat ini adalah mual, muntah hingga diare, terutama jika ini digunakan dalam dosis yang cukup besar. Biasanya dokter akan meresepkan colchicine dalam dosis yang rendah untuk mencegah serangan terjadi lagi.
  3. Kortikosteroid
    Obat ini sama sama seperti colchince atau NSAID dan tidak ampung untuk meredakan gejala. Efek samping penggunaan obat ini adalah kadar gula dalam darah serta tekanan darah dapat meningkat serta suasana hati cepat berubah.
  4. Obat-obatatan untuk menghalangi produksi uric acid
    Ada jenis obat dapat menghambat tubun untuk memproduksi asam urat seperti xanthine oxidase inhibitor (XOLs), termasuk febuxostat (Uloric) dan allopurinol (Aloprim, Lopurin, Zyloprim).
    Obat ini dapat menurunkan kadar asam urat dalam darah dan mengurangi terjadinya penyakit asam urat, namun ada efek sampingnya adalah mual, ruam pada kuli, berkurangnya jumlah darah dan penurunan fungsi hati.
  5. Obat untuk penghancur asam urat
    Obat-obatatan yang dapat menghancurkan asam urat adalah uricosurics, termasuk lesinurad (Zurampic) dan prosbenesid (Probalan). Obat ini dapat meningkatkan kemampuang ginjal untuk mengeluarkan asam urat dari tubuh sehingga dapat menurunkan kadar uric acid, efek samping dari penggunaan obat ini adalah sakit perut, risiko batu ginjal dan sakit perut.

Bahan Alami Sebagai Pengobatan Alternatif Obat Asam Urat

Selain obat asam urat yang diresepkan oleh dokter, ternyata ada beberapa bahan alami yang dapat menjadi bahan alternatif untuk meningkatkan kesehatan dan membantu mengobati penyakit asam urat, dengan bahan alami tentunya lebih minim terhindar dari efek samping, namun tetap harus konsultasi terlebih dahulu agar tidak ada kontraindikasi dan alergi, berikut obat asam urat alternatif diantaranya :

  1. Jus Cerry
    Ceri merupakan salah satu buah yang memiliki manfaat untuk kesehatan tubuh, yaitu melindungi tubuh dari peradangan. Penggunaan obat allopurinol dengan tambahan jus ceri dapat menurunkann risiko terjadinya penyakit asam urat 75 persen.
  2. Jus Seledri dan Suplemen Ekstrak biji seledri
    Seledri kaya akan antioksidan yang lengkap dengan asam fenolok dan quecetin, zat ini dapat melindungi tubuh dari peradangan, termasuk peradangan pada bagian sendi. Selain daun dan batangnya biji seledri juga memiliki potensi untuk mengurangi penumpukan asam urat. Untuk memanfaat ini Anda dapat membuat jus seledri dan minuman lainya atau juga bisa minum suplemen ekstrak sendiri.
  3. Minyak Ikan dan suplemen Magnesium
    Minyak ikan menganduk asam lemak omega 3 yang sangat penting untuk mengceh peradangan dan untuk meningkatkan kesehatan otak. Sementara, magnesium sendiri berfungsi sebagai memperlambat produksi uric acid pada tubuh. Keduanya sama-sama melindungi tubuh dari peradangan dan menjaga kadar asam urat di dalam tubuh.

Membatasi Makanan Pantangan Asam Urat Membantu Membebaskan Dari Nyeri

Pantangan makanan tentunya harus dipenuhi, karena makanan adalah sumber utama terjadinya atau kambuhnya suatu penyakit, berikut beberapa jenis makanan yang dapat kambuhnya penyakit asam urat, kami sarankan untuk mengurangi atau tidak mengkonsumsi makanan pantangan ini dikarenakan mengandung banyak purin, berikut daftar pantangan makanan untuk penderita asam urat :

  • Jeroan
    Kami sarankan untuk menjauhi makanan ini (jeroan) seperti usus, paru, jantung dan lainnya, karena makanan ini mengandung purin tertinggi.
  • Makanan Laut (seafood)
    Jika Anda penggemar makanan lain, mulailah untuk membatasi konsumsi makanan ini. Karena makanan laut tinggi akan purin. Jenis Makanan Laut yang menjadi pantangan untuk bagi penderita asam urat tinggi diantaranya adalah kepiting, kerang, udang, lobster, ikan asin, ikan teri,sarden, tiram dan makarel (ikan kembung)
  • Sayuran
    Sayuran merupakan salah satu makanan yang sehat, namun ada beberapa sayuran yang harus di kurangi ketika seseorang menderita penyakit asam urat, diantaranya kembal kol, bayam, asparagus, kacang plong dan jamur. Meskipun menurut peneliti mengkonsumsi puring yang berasal dari sayuran tidak menimbulkan masalah bagi penderita asam urat tinggi, namun tetap saja membatasi mengkonsumsi ini harus di batasi.
  • Minuman Beralkohol
    Beberapa jenis minuman berakohol tentunya mengandung purin yang tinggi, hal ini dapat meningkatkan kadar asam urat di dalam darah. Minuman beralkhol tidak baik untuk penderita asam urat seperti bir. Selain bir Wine yang berasal dari anggur juga mengandung purin namun jumlahnya sedang. Selain itu juga dapat menyebabkan dehidrasi yang dapat memicu datangnya rasa nyeri pada penderita asam urat.
  • Gula
    Gula mengandung purin, namun tergolong masih rendah, Anda tetap disarankan untuk tidak mengkonsumsi gula berlebihan, karena tidak hanya penyakit asam urat yang timbul, kelebihan gula akan terkena penyakit diabetes dan obesitas, hal ini akan memperburuk gejala asam urat dan rematik yang Anda derita.
    Hindari minuman yang mengandung fruktosa, karena bisa meningkatkan kadar asam urat Anda. Anda bisa mengkonsumsi buah-buahan yang segar untuk memanjakan lidah Anda bila ingin makan yang manis manis.
  • Daging
    Dalam daging juga mengandung purin namun masih tergolong sedang. Anda masih bisa mengkonsumsi daging sapi, unggas, daging kambing, dengan catatan daging tanpa lemak, paling banyak 170gram setiap harinya.

menjauhi makanan pantangan asam urat bisa menurunkan asam urat dalam tubuh, bahkan bisa menjaga terjadinya penyakit asam urat. Memang asam urat tidak bisa disembuhkan dari makanan saja, perlu penanganan yang lebih lanjut lagi sebagai pengobatan agar asam urat bisa sembuh. Yang kami tekankan disini agar menjauh pantangan untuk memperlambat kerusakan pada persendian.

Tidak hanya merubah pola makan atau menu makanan saya namun merubah gaya hidup meurupakan kunci sehat untuk penderita penyakit asam urat.

Tips Hidup Sehat Untuk Penderita Asam Urat

Walaupun Obat merupakan cara cepat atau cara efektif untuk mengobati berbagai penyakit, jika gaya hidup yang buruk tetap saja obat akan berkerja lambat, kemungkinan kambuh terus datang. Oleh karena itu hidup sehat merupakan cara tepat sebagai penyempurna pengobatan asam urat

Berikut langkah-langkah hidup sehat untuk memperoleh kualitas hidup yang lebih baik :

  • Membatasi Makanan yang mengandung purin, yang sudah dijelaskan tadi salah satu pantangan makanan untuk penderita asam urat ialah dengan menjauhi pantangan makanan untuk penderita asam urat. Dengan begitu kadar purin tidak akan tinggi karena setidaknya kita telah mengurangi bahkan menjauhi pantangan makanan. Makan lah makanan yang sehat, sayuran yang baik dan buah-buahan segar (diluar pantangan asam urat)
  • Membatasi Minuman Alkohol Dan Tinggi Gula, Alkohol merupakan salah satu pelopor purin yang tinggi, selain tidak sehat minuman beralkohol tentunya dapat merusak tubuh secara cepat atau lambat. Sebaiknya Anda lebih banyak mengkonsumsi air putih atau jus buah segar dibandingkan minuman yang tidak mempunyai faedah apalagi minuman beralkohol yang dapat merusak tubuh.
  • Rutin Berolahraga, Dengan berolahraga secara rutin dapat menjaga berat badan terkendali, selain itu juga dapat membuat sehat tubuh yang terpenting risiki terkena penyakit asam urat di kemudian hari bisa menurun. Lakukan olahraga sesuaikan dengan kondisi Anda dan buat jadwal olahraga secara rutin dan berkala.


Previous

10 Manfaat Buah Apel Untuk Kesehatan

Gejala, Penyebab, Pantangan Dan Obat Maag

Next

Leave a Comment