Penyebab, Gejala, Pantangan Dan Pengobatan Alami Sinusitis

| | , ,

Hallo semuanya kami datang kembali untuk membagikan informasi mengenai penyakit, untuk kali ini kami akan membahas mengenai penyakit sinusitis, mulai dari gejala, penyabab, risiko, pantangan, obat alternatif hingga cara pengobatan secara alami. Berikut Informasinya

Apakah Anda pernah mengalami pilek, hidung tersumbat, atau hidung sering mengeluarkan lendir dan tak kunjung sembuh? Mungkin itu awal dari gejala dari sinusitis. Penyakit sinusitis ini tidak memandang umur, orang tua hingga anak kecilpun bisa terkena penyakit sinusitis. Orang yang memiliki alergi atau mereka yang memiliki kekebalan tubuh yang lemah lebih mungkin mengalami sinusitis.

Apa Itu sinusitis?

Sinusitis merupakan pembengkakan atau juga peradangan pada jaringan sinus. Sinus merupakan bagian rongga hidung yang berisi udara dan berada tepat di belakang wajah. Jadi sinus ini memiliki lapisan membran mukosa yang berfungsi menghasilkan lendir. kemudian lendir ini berfungsi sebagai menjebak partikel kotoran dan kuman agar tidak masuk ke dalam tubuh melalui saluran pernapasan dan menjaga saluran hidung agar tetap lembab.

sinus yang normal ganta dilapisi dengan lapisan yang tipis yang dapat menangkap debu, kuman atau partikel dari luar (udara), ketika sinus tersumbat maka sinus akan infeksi dan membuat peradangan pada sinus yang diakibatkan oleh virus, baktersi, jamu atau lainnya. Jika seseorang memiliki alergi, asma atau penyumbatan struktural makan kemungkinan mengalami sinusitis lebih tinggi.

Berikut Kondisi dimana yang dapat menyebabkan penyumbatan sinus :

  • Pilek Biasa
  • Peradangan atau iritasi pada selaput hidung
  • Tumbuh Polip Pada Hidung
  • Kelainan tulang pada kedua rongga
  • Pergeseran Rongga Hidung.

Gejela Penyakit Sinusitis

Penyakit sinusitis di bagi lagi, ini tergantung dari lamai sakitnya, yaitu :

Gejela Sinusitis akut
Biasanya gejala berlangsung selama 4-12 minggu. Biasanya penyakit ini di sebabkan oleh flu biasa yang mengakibatkan infeksi virus. Penyakit ini bisa di obati di rumah, tetapi jika tidak kunjung sembuh maka bisa menjadi komplikasi serius atau berkembang menjadi infeksi.

Gejala yang terjadi penyakit sinusistis akut :

  • Lendir hidung berwarna kuning atau hijau
  • wajah akan terasa nyeri atau tertekan
  • Hidung Mampet
  • indra penciuman menurun bahkan memburuk
  • Batuk

Jika Anda mengalami lebih dari satu gejala-gejala di atas, mungkin Anda menderita sinusitis akut.

Selain gejala di atas, Anda juga dapat mengalami beberapa hal selain itu :

  • Bau Mulut
  • Sakit Gigi
  • Kelelahan

Gejala Sinusitis Kronis Berikut Informasinya
Sinusitis biasanya berlangsung selama 12 minggu atau 3 bulan. Penyakit ini disebabkan karena adanya infeksi, polip pada hidung atau juga kelainan tulang pada rongga hidung. Sama seperti sinusitis akun, Anda akan merasa hidung mampet karena tersumbat dan juga akan mengalami rasa sakit pada kepala dan wajah.

Beberapa gejala dari sinusitis kronis :

  • hidung mampet
  • Wajah terasa bengkak
  • Demam
  • Rongga hidung mengeluarkan nanah
  • Keluar lendir dari hidung (ingus)

Gejala ini dapat dirasakan setidaknya dalam waktu 8 minggu, namun keluhan tidak itu saja, Anda juga dapat mengalami:

  • Bau Mulut
  • Sakit Gigi
  • Kelelahan
  • Sakit Kepala

Cara Mengcehah Sinusitis

Sebetulnya tidak ada cara yang pasti yang dapat dilakukan untuk mencegah sinusitis. Namun Anda bisa melakukan hal ini sebagai pencegahan yang bisa membantu mencegah dari sinusitis :

  • Tidak Meroko atau perko pasif (menghisap asap roko orang lain)
  • Jika Anda mempunyai alergi debu sebaiknya menghindari dari debu dengan cara memakai masker wajah untuk mengurangi debu masuk ke hidung.
  • Jika Alergi tidak boleh tidur di atas kasur kapuk
  • Sering mencuci tangan, terutama sedang flu. Kurangi menyentuh wajah dengan tangan ketika sedang teras flu.

16 tips agar sinusitis tidak gampang kambuh

Tidak ada cara praktis untuk menyembuhkan penyakit ini, perlu waktu yang cukup lama untuk mengobati penyakit ini. Hal yang terbaik adalah mencegah agar sinusitis tidak kambuh lagi.

Menurut Ahli medis penyakit ini sering terjadi kepada orang yang mempunyai alergi terhadap debu atau udara dingin.

Karena sakitnya tidak tahan banyak orang yang memilih oprasi, tapi terkadang operasi dilakukan berkali-kali. Jadi penyakit ini penyakit yang gampang kambuh, jika penderita tidak pintar dalam mengecegah makan sinus akan kumat meskipun sudah dilakukan operasi.

Untuk Anda penderita sinus, Berikut Kami beri 16 tips agar sinus sitis tidak gampang kambuh.

  1. Segera Obati Alergi dan Pilek
    Peradangan dalam hidung yang disebabkan oleh alergi dan pilek dapat memperpparah sinusitis, maka dari itu segera obati alergi dan filek Anda mengehah sinus kambuh kembali.
  2. Hindari Polusi
    Bahan kimia dan asap dapt menimbulkan kerusakan lapisan sinus, polusi dan lingkungan yang tercemar dapat mengiritasi saluran hidung sehingga dapat memperparah sinusitis.
  3. Menggunakan Filter
    Filter elektrostatik yang biasanya melekat pada peralatan pemanas dan pendingin udara sangat mmebantukan alergen dari udara.
  4. Hilangkan kebiasaan merokok
    Jika Anda peroko aktif, sebaiknya berhenti merokok, karena temabakai dan asap dapat menyebbakan irtiasi pada lapisan sinus.
  5. Kurangi Konsumsi Alkohol
    Alkohol dapat menybabkan membran hidung dan sinus membengkak serta menyebabkan irtasi dan infeksi.
  6. Minum banyak air putih
    Air yang kita minum dapat menjadi uap air dalam tubuh, hal ini dapat membantu untuk mencegah kemacetan lendir. Selain itu juga dapat mengencerkan lendir.
  7. Hindari Olahraga Berenang
    Kolam renang biasanya berklorin, hal ini berbahaya karena dapat menyebabkan iritasi mukosa dan rongga hidung. Namun sebaliknya jika ingin berenang sebaiknya berenglah di laut yang tidak berklorin.
  8. Hindari Olaraga Menyelam
    Para penyelam seringkali mengalami masuknya air ke sinus dari lubang hidung, jika begini dapat mengali kemacetan dan mengakibatkan infeksi sinus.
  9. Jaga Kebersihan
    Infeksi bakteri dan virus adalah penyebabab umum sinusitis. Debu juga menjadi pelopor selain bakteri dan virus, seringlah bersih bersih di rumah dan sering mencuci tangan dengan sabun untuk menghindari kambuhnya sinusitis.
  10. hindari suhu esktrim
    Suhu ektrim baik itu suhu rendah atau tinggi dapat meningkatkan nyeri pada sinus Anda..
  11. Minimalkan Konsumsi Produk Susu
    Konsumsi susu secara berlebihan dapat mengentalkan lendir dan tentunya dapat menyebabkan lubang hidung menyempit, hal ini berdampak nyeri dan sakit kepala.
  12. Mandi Uap Panas
    Mandi uap panas dapat membantu melepaskan lendir hingga membasahi tenggorokan, sehingga aliran pernapasan dapat menjadi lancar.
  13. Makanlah buah-buahan dan sayuran
    Makanlah buah dan sayuran yang mengandung banyak antioksidan dan zat lainnya, hal ini dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh untuk membantu melawan infeksi.
  14. Mengurangi Stress
    Perlu Anda kutahui bahwa stress dapat membuat gejala sinusitis semakin memburuk. Jika Anda memiliki riwayat sinusitis di masa lalu, streess dapat memicu bahkan membuat lebih buruk.
  15. Hindari Perjalanan Melalui Udara
    Perjalanan jalur udara dapat menyebabkan masalah untuk penderita sinus akut atau kronis, apalagi perjalanan jalur udara yang terlalu lama.
  16. Gunakan Obar Herbal Alami
    Daun Sirih merupakan homeopati alami yang dapat melancarkan aliran lendir, dan gunakan obat-obatan herbal lainnya sebagai suplemen vitamin.

Apa saja pengobatan sinusitis. yang bisa dilakukan di rumah, berikut tipsnya

Sinusitis yang belum sampai tahap kronis dapat Anda obat di rumah sendiri dengan menggunakan bahan bahan alami, bahan yang ada di rumah sampai bebera pengobatan menggunakan obat. Berikut beberapa pengobatan rumahan untuk penyakit sinusitis

  • Menghirup Uap
    Menghirup uap air panaas membuat sedikit kelegaan untuk pernapasan Anda, meskipun belum terbukti dapat menyembuhkan sinusitis tetapi mungkin bisa sedikit membantu Anda dalam kelancaran bernafas, Anda bisa menyiapkan ari panas di mangkuk besar kemudian hiruplah uap dari air panas tersebut.
  • Membersihkan saluran hidung
    Bersihkanlah saluran hidung Anda dengan membilas saluran hidung dengan air garam
  • Kompres Air Hangat
    Dengan mengkompres sekitaran hidung Anda dengan air hangat dapat meringankan beberapa gejala sinusitis.
  • Tidur dengan kepala diangkat
    Ketika Anda tidur bisa menggunakan beberapa bantal untuk menopang kepala Anda agar lebih tinggi. Hal ini berfungsi sebagai mengurangi jumlah tekanan di sekitaran sinus dan mengurangi ketidak nyamanan rasa sakit
  • Meminum Obat dekongestan tablet
    Obat ini berfungsi untuk mengurangi pembengkakan dan membantu mengurangi penyumbatan pada sinus.
  • Memakai semprotan dekongestan
    Semprotan ini memiliki manfaat sama seperti halnya table dekongestan. Namun penggunaan dalam waktu lebih lama justru membuat penyumbatan semakin memburuk.
Previous

Gejala, Penyebab, Pantangan Dan Obat Maag

Buahan-Buahan yang aman untuk penderita penyakit maaag dan asam lambung

Next

Leave a Comment